Manusia Adalah Makhluk Latihan


Merenungi pesan guru kita (KH. Rosyad Imam : Pengasuh Ponpes Todungih)

Dalam majelis pengajiannya beliau mengatakan "Manusia adalah makhluq latihan".

Artinya kalau mau langsung jadi orang baik itu sulit, makanya harus dilatih. Ingin jadi orang yang sabar itu sulit, tapi harus dilatih dulu dengan cara pura-pura sabar, walaupun dalam hati mangkel, biarlah pura-pura sabar dulu, akhirnya jadi sabar beneran.



Mau jadi dermawan, ya harus pura-pura dermawan, meski dalam hati ada rasa eman tetap mengasih, ahirnya jadi dermawan beneran. Mau rendah hati, ya pura-pura rendah hati dulu, nanti jadi rendah hati beneran. Intinya kalau mau jadi orang baik, pura-pura baik dulu, nanti jadi orang baik.

Itulah sebabnya para santri di pesantren, dipaksa terus untuk mengikuti shalat berjama'ah, musyawarah, mengaji, shalat dluha, witir dan kegiatan lainnya. Bukan berarti mendidik mereka untuk tidak ikhlas tapi melatih diri mereka agar terbiasa melakukan kebaikan-kebaikan.

Katika mereka sudah terbiasa, ahirnya mereka meresa tidak enak kalau tidak mengerjakannya. Mdreka akan melakukannya tanpa dipaksa. Demikian apa yang bisa kami simpulkan dari ketetangan beliau, kurang lebihnya mohon maaf.