Keindahan Fisik Baginda Muhammad Rasulillah SAW


Keindahan fisik Rasulullah tidak tampak seutuhnya kepada kita. Sebab jika ditampakkan seluruhnya, mata kita tak mampu untuk melihatnya. Al-Qurthubi

Ciri-ciri fisik beliau terekam oleh para Sahabat, kemudian dicatat oleh para ahli Hadits, hingga akhirnya sampai pada kita, dalam kitab syamail nabawiyah

Berikut adalah di antara ciri-ciri bentuk fisik Rasulullah SAW.

Postur tubuh Rasulullah sedang dan tegap.

Selanjutnya tinggi tubuh: Rasulullah memiliki tinggi tubuh yang sedang, tidak terlalu tinggi dan tidak pula terlalu pendek.

Kemudian warna kulit: Warna kulit Beliau tidak terlalu putih dan tidak pula terlalu hitam. Halus dan cerah.

Sendi-sendi tulang rasulullah sangat kuat, serta bentuk kepala agak besar dan kuat.

Rambut Rasulullah cukup tebal, agak berombak. Tidak keriting, tidak pula lurus tergerai. Selain tebal dan berombak ciri rambut Rasulullah panjang sampai menyentuh bagian bawah telinga.

Rasulullah memiliki dahi lebar, wajahnya selalu bercahaya dengan alis mata melengkung dan tebal. Di antara alisnya tampak urat darah halus yang berdenyut bila beliau emosi atau sedang bersemangat.

Warna bola mata beliau hitam pekat dengan bulu mata panjang.

Hidung Nabi mancung agak melengkung dan sesekali mengkilap jika terkena cahaya.

Mulut Rasulullah sedang, agak lebar. Giginya cemerlang agak renggang.

Rasulullah memiliki jenggot hitam dengan uban putih. Jenggotnya tipis tapi penuh, rata sampai pipi.

Bahu Rasulullah bidang (kekar) dan kokoh. Beliau memiliki dada, tangan dan kaki yang kuat.

Pergelangan tangan Rasulullah cukup lebar, telapak tangan dan telapak kaki agak lebar dan padat berisi.

Jari-jemari tangan dan kaki beliau tebal serta lentik memanjang.

Daerah di sekitar tulang belikat beliau cukup lebar dan terlihat proporsional. Di daerah inilah rasulullah memiliki tanda kenabian.

Ukuran dada dan pinggang Rasulullah seimbang. Serta lengan dan dada bagian atas berbulu. Bulu-bulu halus ini terus tumbuh dari bawah hingga atas pusar.

Seperti yang telah disebutkan, bahwa tidak semua dari keindahan fisik Nabi ditampilkan di hadapan kita. Sebab mata-mata manusia pasti tidak kuasa untuk melihatnya. Jika orang yang melihat Nabi Yusuf tak sadar mengupas tangannya, maka orang yang melihat ketampanan Rasulullah, bisa-bisa tak sadar mengiris hatinya.

Semoga dengan mengenal keindahan ciri fisik beliau akan menambah mahabbah kita, sehingga tetesan syafa'at beliau bisa kita raih dan kita gapai tatkala tubuh kelak terkapar dan terhempas di padang mahsyar amin..!

Di copast dari kultweet Pondok pesantren @sidogiri Pada hari jumat (02/01/2015)